Jumat, 21 Mei 2010

Perilaku Produsen dan Konsumen

Sebelum mengetahui apa itu perilaku konsumen dan perilaku produsen, baiknya kita mengetahui dahulu tentang produsen dan konsumen.

A. Konsumen
Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Sedangkan konsumsi adalah setiap tindakan untuk mengurangi atau menghabiskan guna ekonomi suatu benda.
Contoh: mengendarai sepeda motor, memakan makanan, memakai sesuatu,dll.
Konsumsi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan memperoleh kepuasan dari pemenuhan tersebut.

- Teori Konsumsi
Setiap orang atau keluarga mempunyai skala kebutuhan yang dipengaruhi oleh pendapatan. Kondisi pendapatan seseorang akan mempengaruhi tingkat konsumsinya. Makin tinggi pendapatan, makin banyak jumlah barang yang dikonsumsi. Sebaliknya, makin sedikit pendapatan, makin berkurang jumlah barang yang dikonsumsi. Bila konsumsi ingin ditingkatkan sedangkan pendapatan tetap, terpaksa tabungan digunakan akibatnya tabungan berkurang.

- Perilaku Konsumen
Perilaku permintaan konsumen terhadap barang dan jasa akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya: pendapatan, selera konsumen, dan harga barang, disaat kondisi yang lain tidak berubah (ceteris paribus). Perilaku konsumen ini didasarkan pada Teori Perilaku Konsumen yang menjelaskan bagaimana seseorang dengan pendapatan yang diperolehnya, dapat membeli berbagai barang dan jasa sehingga tercapai kepuasan tertentu sesuai dengan apa yang diharapkannya.

B. Produsen
Produsen adalah orang yang menghasilkan barang dan jasa untuk dijual atau dipasarkan. Sedangkan produksi adalah usaha untuk menciptakan atau menambah faedah ekonomi suatu benda dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Contoh: pekerjaan guru, dokter, polisi,dll.
Tujuan produksi adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam usaha mencapai kemakmuran.

- Teori Produksi
teori produksi adalah teori yang menjelaskan hubungan antara tingkat produksi dengan jumlah faktor-faktor produksi dan hasil penjualan outputnya.

- Perilaku Produsen
Perilaku Produsen dipengaruhi oleh kegiatan produksi yang merupakan pengadaan alat pemuas untuk memenuhi kebutuhan, oleh sebab itu kegiatan tersebut harus mampu mengikuti meningkatnya kebutuhan yang dipengaruhi selera, gaya hidup, pendidikan, IPTEK dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2009 - Manu Blog | Free Blogger Template designed by Choen

Home | Top